Resep Kerak Telor Betawi Spesial Enak

Makanan khas indonesia yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah masakan khas indonesia yang sepertinya sangat wajib untuk anda coba jika anda sedang berada di betawi. Pasalnya makanan bernama Kerak Telor ini merupakan makanan atau jajanan yang berasal dari sana. Sebenarnya makanan khas indonesia yang satu ini di buat dengan menggunakan beras ketan yang di masak dengan menggunakan wajan.

Setelah itu makanan ini di campur dengan telur ayam atau bisa juga mengunakan telur bebek, kemudian di campur pula dengan bumbu dan beberapa bahan lain seperti misalkan serundeng, udang, bawang goreng dan bumbu yang lainnya. Mempunyai rasa yang gurih dan agak manis yang tentu makanan khas indonesia yang satu ini bisa membuat lidah anda bergoyang, rasanya salah satu makanan khas indonesia yang kami rekomendasikan untuk anda.

Resep Kerak Telor Betawi

Bahan :

100 gram beras ketan putih
250 ml air
100 gram kelapa parut, sangrai untuk penabur
15 gram ebi udang, seduh, sangrai, dan haluskan
5 butir telur bebek
30 gram bawang merah, goreng kering
1 sendok makan minyak goreng untuk menumis bumbu halus
Bawang merah goreng khusus untuk taburan

Bumbu yang dihaluskan :

4 buah cabai merah keriting
1/2 sdt merica butiran
3 cm kencur
1 cm jahe

Cara membuat kerak telor betawi :


  1. Rendam beras ketan putih di dalam air selama satu malam, tiriskan.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Bubuhkan 1 1/2 sendok makan beras ketan putih pada wajan cekung yang sudah panas. Siram dengan 3 sendok makan air redaman beras, biarkan hingga agak kering.
  4. Pada satu tempat, kocok 1 butir telur bebek, 1/2 sendok teh bumbu halus yang sudah ditumis, 1/2 sendok teh ebi, 1/2 sendok makan bawang merah goreng, 1/8 sendok teh gula pasir, dan 1/8 sendok teh garam bubuk.
  5. Siram campuran tersebut ke atas ketan pada wajan, aduk sambil ratakan dan atur ketebalannya dengan mengira-ngira. Tutup wajan hingga matang. Balik wajan cekung di atas bara api, biarkan sampai benar-benar matang.
  6. Terakhir, taburi kelapa sangrai dan bawang goreng sebelum disajikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Orok Orok Khas Banyuwangi

Resep Pepes Tahu

RESEP SEBLAK BASAH