Resep Otak-Otak Ikan


Makanan khas indonesia yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang sangat populer dengan nama Otak-otak yang tentu saja mempunyai cita rasa yang sangat enak. Sebenarnya makanan khas indonesia yang satu ini merupakan sebuah makanan khas riau yang tentu saja sudah sangat populer di seluruh indonesia, bahkan di beberapa bagian di indonesia banyak pedagang yang menjual Otak-otak ini.

Banyak orang-orang yang sangat suka dengan makanan yang bernama Otak-otak ini, pasalnya Otak-otak ini merupakan sebuah makanan khas indonesia yang terbuat dari cumi-cumi dan juga ikan. Biasanya Otak-otak ini di bungkus dengan janur atau daun kelapa, untuk cara pengolahan dari makanan khas indonesia ini yakni dengan cara di bakar hingga menimbulkan aroma yang membuat anda tertarik untuk mencicipi Otak-otak.

Otak-Otak Ikan

Resep diadaptasikan dari Buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati by Chendawati - Otak-Otak

Untuk sekitar 20 buah otak-otak

Bahan:

- 300 gram fillet ikan, bisa menggunakan ikan tengiri, kuwe, tuna atau ikan dengan daging berwarna putih lainnya
- 1 butir telur
- 100 - 150 gram tepung sagu
- 1 batang daun bawang, rajang halus
- daun pisang secukupnya
- 150 - 200 ml santan kental

Bumbu:

- 1 sendok teh ketumbar
- 3 butir bawang merah
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1/2 sendok teh merica butiran
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh garam

Bahan & bumbu saus tauco:

- 5 butir cabai merah
- 2 sendok makan tauco, tiriskan
- 4 butir bawang putih, haluskan
- 150 ml air
- 2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok makan cuka

Bahan & bumbu sambal kacang:

- 100 gram kacang goreng haluskan
- 5 butir cabai merah keriting
- 3 buah cabai rawit
- 2 butir bawang putih, haluskan
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1 1/2 sendok teh garam
- 4 sendok makan gula pasir
- 1 sendok makan cuka
- 20 gram gula merah
- 300 ml santan/air

Cara membuat otak-otak:

Siapkan blender, masukkan ketumbar, merica, bawang merah, telur, fillet ikan dan 150 ml santan, blender hingga semua bahan halus.

Tuangkan ke dalam mangkuk, tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata. Masukkan garam, kaldu bubuk, gula dan daun bawang, jika adonan terlihat masih keras, tambahkan sedikit santan. Aduk hingga menjadi adonan yang tercampur rata dan kental. Tambahkan sagu sedikit jika adonan masih terlalu encer. Cicipi rasanya.

Siapkan daun pisang, kukus sebentar daun agar lemas. Ambil 1 lembar daun, isi dengan 1 sendok makan adonan, buat agak memanjang. Gulung daun sambil dipadatkan, semat kedua ujungnya dengan staples. Rapikan ujung-ujungnya dengan mengguntingnya. Lakukan hingga semua adonan habis.

Panggang otak-otak diatas kompor menggunakan alat pemanggang atau menggunakan wajan datar, hingga daun pisang berubah warna kecoklatan dan otak-otak matang. Balik-balik selama proses pemanggangan agar matang merata.

Angkat dan sajikan dengan saus tauco atau sambal kacang.

Saus tauco:

Campur semua bahan saus tauco kecuali cuka di dalam panci kecil, rebus hingga mendidih dan matang. Angkat dan masukkan cuka, aduk rata.

Sambal kacang:

Siapkan wajan, panaskan 2 sendok makan minyak. Tumis cabai merah keriting, cabai rawit, bawang putih dan kacang halus hingga harum. Tuangkan santan, aduk rata. Bubuhi dengan kaldu bubuk, garam, gula pasir, cuka dan gula merah. Masak hingga matang dan mengental. Angkat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Orok Orok Khas Banyuwangi

Resep Pepes Tahu

RESEP SEBLAK BASAH